Caleg DPD RI Maimanah Umar Dituntut 6 Bulan

Calon anggota DPD RI incumbent asal Riau, Maimanah Umar dan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Riau dari Partai Golkar, Maryenik Yanda dituntut enam bulan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Riau dalam sidang kasus money politik, Kamis (8/5). JPU menilai Maimanah dan anaknya Maryenik terbukti bersalah melakukan money politik jelang pencoblosan.

JPU Hasnah SH dalam tuntutannya menilai Maimanah dan Maryenik bersalah melakukan pelanggaran pemilu. ’’Membagikan bingkisan yang berisi baju batik oleh kedua terdakwa saat kampanye dialogis di Siak Hulu telah memenuhi semua unsur seperti yang dimaksud dalam pasal 301 ayat (1) juncto pasal 89 huruf d dan e Undang Undang No 8/2012 tentang pemilihan calon anggota DPR, DPR provinsi, DPRD kabupaten/kota dan memilih calon anggota DPD,’’ papar JPU.

Disebutkan baju batik yang diberikan oleh kedua terdakwa bukanlah bahan kampanye. Saat itu, ada sekitar 30 orang warga dalam kampanye dialogis keduanya.

’’Di sana ada tim sukses membagikan bingkisan dengan ajakan memilih. Berdasarkan fakta hukum yang terungkap di persidangan, kami menuntut kedua terdakwa dengan hukuman 6 bulan dengan 1 tahun percobaan dan denda Rp10 juta subsider 6 bulan,’’ kata JPU.

Sementara kuasa hukumnya, Muskarbet SH bakal mengajukan nota pembelaan, Jumat ini. (tim/zamrudtv.com)

Iklan

Tentang r3gel

rental mobil pekanbaru
Pos ini dipublikasikan di Berita Riau. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s